Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Whatsapp
blank

Apakah Anda seorang yang baru saja lulus atau fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan? Jika iya maka cocok untuk Anda melihat bagaimana cara untuk menuliskan surat lamaran pekerjaan yang baik dengan tulis tangan, baik lamaran kerja menggunakan bahasa inggris atau lamaran pekerjaan pada perusahaan-perusahan lainnya. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Di era ini,perdaingan di dunia kerja semakin ketat. Ditambah lagi dengansistem pendidikan yang bermacam-macam hingga menumbuhkan banyak bibit sumber daya manusia yang beragam dengan kemampuannya.

Dengan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi, maka banyak perusahaan yang menggunakan sistem seleksi yang sangat ketat agar mendapatkan sumber daya manusia yang terbaik. Oleh karena itu, kita sebagai pencari kerja harus bisa menulis surat lamaran kerja yang baik  dan benar untuk menarik perusahaan dan HRD yang akan merekrut kita.

Pada saat kita melamar pekerjaan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan faktor penunjang yang penting. Dengan menuliskan surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang benar maka kita bisa mendapatkan nilai tambah untuk menarik perhatian rekruiter.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Bagian dalam surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang digunakan oleh para pencari kerja atau jobseeker untuk memberikan informasi tertuliskepada perusahaan yang akan kita lamar. terdapat dua jenis surat lamaran kerja yang dapat kita buat, yaitu surat lamaran kerja yang bergabung dengan CV curriculum vitae atau kita dapat menggunakan daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja yang terpisah dari CV curriculum vitae. Namun kebanyakan dari para pencari kerja memisahkan antara Cv dengan surat lamaran pekerjaan agar semua lebih detil.

Ada bagian-bagian penting yang perlu kita perhatikan saat menulis surat lamaran pekerjaan. Bagian-bagian tersebut adalah pembuka, isi dari surat dan  bagian penutup. Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh bagian-bagian dari surat lamaran kerja.

BACA JUGA :   Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Bagian pembuka surat lamaran kerja

Pada bagian pembuka surat, biasanya berisikan dengan informasi mengenai surat dan tujuan mengirim surat, kepada siapa yang dikirimi surat dan alamat tujuan surat. Di bawah ini adalah isi dari pembuka surat:

  1. Judul: Dalam membuat judul surat lamaran kerja, tilislah denganhuruf besar agar dapat terbaca dengan jelas oleh rekruiter.
  2. Informasi tanggal surat: Seperti surat resmi lainnyau, maka jangan lupa untuk menyertakaninformasi tanggal pembuatan surat.
  3. Tujuan surat: Ketika akan mengirim sebuah surat lamaran kerja, surat lamaran anda bisa tertuju pada HRDatau pada divisi lain, dan anda juga bisa menuliskan nama perusahaan.

Berikut adalah contohnya:

Semarang, 23  November 2020

SURAT LAMARAN KERJA

 

Kepada Yth.,
PT. Jaya Abadi
Jl. Ampel No. 282
Kota Semarang

Pembuka surat lamaran  dapat berbeda sesuai dengan bentuk yang anda inginkan, contoh diatas adalah salah satu contoh pembuka surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Isi surat lamaran

Dalam surat lamaran kerja yang anda buat ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya adalah seperti salam pembuka, dari mana anda mendapatkan informasi lowongan, data pribadi anda mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, pendidikan dan nomer t yang bisa dihubungi.

Jangan lupa jika anda pernah bekerja di suatu instansi, tuliskan sedikit tentang pengalaman anda bekerja di instansi tersebut, kemudian berikan informasi dokumen apa saja yang anda lampirkan dan ucapan terima kasih. Berikut  ini adalah contoh isi dari surat lamaran kerja tulis tangan:

Dengan hormat,
Berhubungan dengan informasi lowongan kerja pada PT Jaya Abadi Semarang yang dimuat pada koran Tribun pada 21 November 2020. Saya mengajukan surat lamaran untuk bergabung menjadi tim Digital Marketing pada PT. Jaya Abadi

Berikut adalah data diri saya:

BACA JUGA :   Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik

Nama : Rama Sanjaya
Tempat dan Tanggal Lahir: Kediri, 21 Januari 1996
Pendidikan Akhir : Universitas Pelita Jaya
Alamat : Jl. Beringin No. 122
Status Perkawinan : Belum Menikah
Telepon/HP/WA :08783332832
e-mail : RamaSanjaya@mail.com

Saat ini saya sedang dalam kondisi kesehatan yang baik dan dapat bekerja, saya memiliki ketrampilan berbahasa Inggris dengan baik secara tulisan maupun lisan. Saya lulus dari Universitas Pelita Jaya dengan predikat cumlaude. Saya juga pernah beberapa kali menang dalam lomba yang diadakan Google maupun Microsoft. Saya juga mampu menguasai teknik SEO, SEM serta menggunakan WordPress. Saya juga pernah aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Kediri sebagai ketua. Oleh karena itu jika mengenai kemampuan dalam bekerja sama dalam tim saya sudah ahli dan mampu.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan.
  2. Pass foto 3×4
  3. Fotokopi ijazah S-1 dan transkrip nilai
  4. Fotokopi sertifikat organisasi
  5. Fotokopi sertifikat penghargaan
  6. Sertifikat pelatihan
  7. SKCK

Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberi saya kesempatan untuk mengikuti wawancara agar dapat mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai diri saya.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Anda dapat melihat dari contoh isi surat lamaran kerja tulis tangan diatas, anda hanya perlu mengisi kemampuan yang anda miliki sesuai dengan posisi dari lowongan kerja dan cukup secara singkat.

Bagian Penutup

Pada bagian ini, anda dapat menyertakan tanda tangan disertai nama terang anda. Berikut adalah contoh surat lamaran pada bagian penutup:

Hormat Saya

 

(Rama Sanjaya)

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

  • Siapkan kertasfolio putih saat anda akan menuliskan surat lamaran pekerjaan. Kemudian pastikan kertas tersebut bersih, tidak terlipat, dan tidak ada yang sobek.
  • Pastikanbahwa anda telah menulis pembuka, isi dan penutup surat lamaran kerja tulis tangan seperti pada contoh diatas.
  • Pada bagian pembuka, tuliskannama perusahaan atau instansi yang di tuju dan apa tujuan surat lamaran kerja yang anda buat.
  • Anda juga dapat menuliskanjudul dengan tulisan besar pada awal surat lamaran kerja tulis tangan dan sertakan tanggal berapa anda menulis surat tersebut.
  • Kemudian padabagian isi, anda dapat menjelaskan secara singkat tentang diri anda, kemudian informasi formal seperti pendidikan terakhir anda maupun pendidikan informal seperti pelatihan, atau kursus yang berkaitan dengan jabatan yang anda lamar.
  • Jelaskan juga kemampuan dan kelebihan anda dibagian isi. Tulislah sesuai dengan diri anda tidak perlu melebih-lebihkan atau merendahkan kemampuan anda. Tuluis secara sinkat sesuai dengan diri anda
  • Di akhir surat, anda jangan lupa menyertakankalimat “hormat saya” dan tanda tangan beserta nama terang.
BACA JUGA :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko yang Baik dan Benar

Cara menulis lamaran pekerjaan diatas juga dapat anda jadikan sebagai patokan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Dengan mengikuti panduan di atas maka diharapkan anda akan lebih mudah untuk menuliskan surat lamaran pekerjaan. Setelah anda mengetahui caranya, berikut ini adalah contoh dari menulis surat lamaran pekerjaan dengan ditulis tangan.

blank

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda saat akan melamar pekerjaan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *