Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

  • Whatsapp
blank

Ketika Anda sedang mencari pekerjaanpada saat kita sedang mencari pekerjaan, kita pasti membutuhkan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakansalah satu  poin penting yang menentukan apakah Anda akan diterima kerja di tempat yang Anda lamar atau tidak. Contoh Surat Lamaran Kerja

Dan tentu saja Anda harus mempromosikan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada atau melebih-lebihkan diri Anda di luar kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda mampu mempromosikan diri Anda dengan benar maka tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang Anda lamar..

Sebelum melamar kerja tentu saja Anda harus membuat surat lamaran kerja dengan baik agar peluang untuk Anda diterima di perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakanbegitu banyak orang yang membutuhkan pekerjaan namun lapangan pekerjaaanya tidak sebanyak yang akan melamar. Hal imi tentunya akan membuat persaingan semakin ketat.

Lantas bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar?

Pada umumnya cara menulis surat lamaran kerja isinya sama saja, kemanapun kita akan melamarnya. Baik itu dengan cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di perusahaan asuransi, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan-perusahaan lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang benar. Ikutilah langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Kepada Yth. Yaitu berisikan nama orang beserta gelar dan jabatannya atau dapat juga menuliskan perusahaan yang dituju.
  3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.Jangan sampai keliru, terkadang karena terburu-buru dan menuliskan beberapa lamaran sekaligus membuat kita salah menuliskan alamat satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  4. Salam pembuka, tuliskan salam pembuka di bagian awal surat sebelum kata pengantar atau sebelum menuliskan pembuka surat.
  5. Kata pengantar/pembukaan. Saat kita menuliskan kata pengantar atau pembuka dalamsebuah surat lamaran kerja, kita perlu mencantimkan dari mana kita mendapatkan informasi pekerjaan tersebut. Baikdari media sosial, surat kabar atau dari siapa.
  6. Kemudian sebutkan posisi dan jabatan apa yang kita lamar sesuai dengan yang dibutuhkan atau yang Anda minati.
  7. Tuliskan biodata pribadi Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, nama akun media sosial anda (bila diminta), dan pendidikan terakhir Anda.
  8. ApabilaAnda ingin menuliskan latar belakang pendidikan maka, Anda cukup menuliskan latar belakan pendidikan tertinggi Anda
  9. Jika Anda telah memiliki pengalaman kerja danmemiliki kemampuan seperti yang dikualifikasikan oleh perusahaan yang Anda lamar maka tulislah
  10. Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tuliskan di mana sebelumnya Anda bekerja. Namun jikaAnda belum pernah bekerja (fresh-graduate) maka tidak usah ditulis. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
  11. Penutup, tulislah bahwa Anda memiliki keinginan yangbesar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan Terima kasih.
  12. Lampiran surat lamaran kerja. Untuk meyakinkan perusahaan yang sedang Anda lamar, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda di mata perusahaan. Hal yang sebaiknya Anda lampirkan adalah: adalah:
  • Pas foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (jika ada)
  1. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda).
BACA JUGA :   Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Setelah Anda mengetahui cara membuat lamaran pekerjaan kemudian anda dapat melihat contohnya  di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa dipelajari dan Anda jadikan referensi.

Semarang, 18 Januari 2021

Kepada Yth ;

HRD PT. Cipta Mandiri
Jl. Muja-Muui No. 13
Kota Yogyakarta
Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang termuat di koran harian Analisa, mengenai kesempatan berkarier di pada perusahaan yang Bapak /Ibu kelola, maka perbolehkan Saya untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Staff Administrasi pada perusahaan Bapak/Ibu.

Adapun data mengenai diri Saya sebagai berikut :

Nama : Raka Wirawan
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 23 November 1997
Alamat sekarang : Jl. Jendral Sudirman No.188
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Status pernikahan : Belum menikah
No. HP/Whatsapp : 08111113332
Email : Raka_Wirawan@gmail.com

Saya adalah pribadi yang jujur dan ulet. Hal ini terbukti dengan menjadi salah satu lulusan terbaik di SMA 1 Negeri Semarang pada tahun 2015. Saya lulus dari Universitas Padjajaran dengan predikat cumlaude. Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat ini saya lampirkan sejumlah berkas diantaranya:

  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi Sertifikat Organisasi
  • Fotokopi sertifikat lomba
  • Foto copy KTP
  • Pasfoto terbaru

Semoga Bapak /Ibu berkenan untuk memberikan saya kesempatan mengikuti wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian Bapak /Ibu saya ucapkan banyak terima kasih

Hormat Saya,

(Raka Wirawan)

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Adapun tips-tips menulis lamaran pekerjaan agar Anda dapatb di terima do perusahaan yang Anda lamar, seperti berikut ini.

  1. Baca dengan baik apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalamlowongan kerja peurusahaan Hal ini ditujukan agar surat lamaran yang Anda buat tidak keluar dari konteks.
  2. Tulislah lamaran kerja yang akan Anda buat dengan bahasa yang baku sesuai dengan kaidah KBBI.
  3. Gunakanlah kata-kata yang singkat, padat, jelas, sopan, menarikserta mudah di pahami. Jangan gunakan kata yang berbelit-belit.
  4. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar baik secara ejaan namanya, gelar, dan jabatannya, begitujuga dengan alamat perusahaan.
  5. Setelah Anda selesai menuliskan surat lamaran pekerjaan, telitilah kembali surat yang anda tulis. Apakah sudah sesuai atau belum, berbelit atau tidak.
  6. Pastikan surat lamaran kerjadalam keadaan bersih. Baik yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tiidak ada kotoran, bekas penghapus atau yang lainnya.
  7. Jika Anda menulisnya dengan tangan, maka pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Anda sebaiknya menghindarimenggunakan tulisan tegak bersambung. Anda juga dapat mengalasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas yang Anda gunakan tidak kotor maupun terlipat secara tidak sengaja.
BACA JUGA :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko yang Baik dan Benar

Itulah cara membuat surat lamaran pekerjaan yang mudah bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *