Cara Hak Paten Merek Dagang

Cara Hak Paten Merek Dagang – Menurut undang-undang, hak merek dagang, hak cipta dan paten adalah hak kekayaan intelektual atau hak kekayaan intelektual yang paling umum digunakan dalam bisnis. Setiap hak melindungi hal yang berbeda.

Secara hukum, ketiganya adalah hak kekayaan intelektual atau hak kekayaan intelektual yang terutama digunakan dalam bisnis. Setiap hak melindungi hal yang berbeda.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Cara Hak Paten Merek Dagang

Hak atas merek diatur dalam UU no. 15 Tahun 2001 tentang Merek, sedangkan hak cipta diatur dalam UU No. Sementara itu, hak paten diatur dalam UU No. 14/2001 tentang paten.

Pengalihan Hak Atas Merek Terdaftar Menurut Undang Undang

Hak merek dagang memberikan perlindungan terhadap merek dagang dan layanan Anda. Hak Cipta memberikan hak mutlak atas suatu karya, moral dan ekonomi, atas materi yang diterbitkan atau tidak diterbitkan

Berikut perbandingannya. Kita tahu Google, raksasa bisnis yang berbasis di Silicon Valley. Google memiliki berbagai produk. Namun dengan logo merah-kuning-hijau-biru huruf G, dipastikan produk tersebut milik Google. Ini adalah merek.

Selain itu, Google memiliki sejumlah kode yang terpasang di mesin pencarinya. Kode komputer ini tidak dapat digunakan seluruhnya atau sebagian oleh orang lain karena dilindungi oleh hak cipta.

Kode Google kemudian dikembangkan untuk digunakan dalam kacamata canggih yang disebut Google Glass, yang juga dilindungi oleh paten.

Hki Dan Implementasinya Bagi Indonesia

Untuk mendapatkan hak ini, pemilik produk dapat mendaftar ke Administrasi Utama Kekayaan Intelektual. Untuk pendaftaran tidak lagi harus datang sendiri, cukup dengan membuka laman http://dgip.go.id dan mengikuti prosedur yang ada Pendaftaran paten penting jika Anda perwakilan teknologi, biasanya mencari produk / produk. Apalagi mengingat dunia teknologi merupakan dunia yang mengalami perubahan yang sangat cepat.

Paten adalah salah satu bentuk kekayaan intelektual yang dilindungi oleh negara bersama dengan merek dagang, hak cipta, dan desain industri.

Jika Anda tidak segera mendaftarkan paten, jangan menyesal jika suatu saat Anda dapat dituntut oleh seseorang yang mereproduksi produk Anda, tetapi terlebih dahulu mendaftarkan paten untuk penemuan yang sama dengan Anda.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Aeronautika adalah studi, desain dan pembuatan mesin yang mampu terbang, atau teknik menggunakan pesawat terbang dan roket di ruang angkasa.

Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Kabupaten Sukoharjo

Dan warga Indonesia patut berbangga karena teknologi itu ditemukan dan patennya dipegang oleh presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie.

3. Hak paten ceker ayam prof. dr. Ir. Mari duduk, membangun rumah atau konstruksi membutuhkan pondasi yang kuat. Di antara model pondasi kokoh yang terkenal adalah pondasi ceker ayam yang ditemukan dan dipatenkan oleh Prof. dr. Ir. Mari kita duduk

Salah satu teknologi yang digunakan dalam dunia kesehatan adalah electrical capacitance volume tomography (ECVT). ECVT adalah pemindai tubuh yang dapat melihat seluruh bagian tubuh mulai dari otak hingga bagian dalam tubuh. Teknologi ini ditemukan dan disetujui oleh seorang ilmuwan Indonesia bernama Warsito.

Apple memiliki paten untuk navigasi di aplikasi Apple Maps. Untuk melihat cara kerjanya, kurang lebih sama dengan Google Maps, artinya pengguna mendapatkan petunjuk arah saat meluncurkan aplikasi. Namun, masih kalah populer dibandingkan Google Maps.

Obat Paten Vs Obat Generik: Apa Perbedaannya?

Sekarang tugas pemeriksa paten adalah mengetahui apakah produk yang ingin kita daftarkan sudah didaftarkan oleh orang lain atau belum.

Proses pendaftaran paten memerlukan beberapa langkah. Untuk memudahkan pemahaman, prosedur umum pendaftaran paten adalah sebagai berikut:

Permohonan ganti rugi diajukan dengan mengisi formulir yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan diketik sebanyak 4 (empat) rangkap.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Bukti nilai asli dan terjemahan halaman pertama dalam bahasa Indonesia rangkap 4 (empat), jika diserahkan dengan hak atas aslinya.

Sertifikat Elektronik Merek

Terjemahan uraian penemuan ke dalam bahasa Inggris, jika yang pertama dalam bahasa asing selain bahasa Inggris: dalam 2 (dua) rangkap;

Bukti pembayaran biaya penggunaan paten sederhana sebesar Rp. 800.000,- (delapan ratus ribu rupiah) dan pemeriksaan rinci Paten Sederhana sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah);

Penulisan uraian, pernyataan, ringkasan, dan gambar sebagaimana dimaksud pada ayat 2 huruf c dan d ditetapkan sebagai berikut:

Penjelasan, permintaan dan dokumen harus diketik pada kertas HVS khusus atau sejenis dengan format A-4 (29,7 x 21 cm) dengan berat minimal 80 gram dengan batasan sebagai berikut:

Cara Mudah Mendaftarkan Hak Cipta

Kertas format A-4 harus bersih, dalam dan tidak mengkilat, dan penggunaannya dilakukan dengan menempatkan sisi yang lebih pendek ke atas dan ke bawah (kecuali digunakan untuk gambar);

Setiap lembar dengan keterangan, wasiat, dan gambar diberi nomor dengan angka arab di tengah dan tidak di pinggir sebagaimana dimaksud pada langkah 3 huruf b (1);

Dalam semua lima baris penulisan deskripsi dan baris klaim, nomor baris harus diberikan dan setiap halaman baru adalah nomor pertama dan berada di sebelah kiri deskripsi atau pernyataan, bukan di margin seperti yang dipikirkan. 3 huruf b (3);

Cara Hak Paten Merek Dagang

Diketik dengan tinta hitam (toner), spasi 1,5, huruf vertikal dengan tinggi huruf maksimal 0,21 cm;

Apa Itu Hak Merek Dan Cara Mendaftarnya? Ini Penjelasan Lengkapnya Untuk Pemula

Gambar harus menggunakan tinta hitam Cina di atas kertas gambar A-4 putih dengan berat minimum 100 gram tidak mengkilap dengan batasan sebagai berikut:

Semua dokumen paten yang diajukan harus dalam kertas lengkap, tidak boleh sobek, terlipat, rusak atau gambar yang ditempel;

Selanjutnya, proses pembuatan paten berfungsi untuk memeriksa apakah dokumen permohonan yang Anda ajukan sudah lengkap sesuai dengan persyaratan Dirjen Kekayaan Intelektual.

– Setiap orang dapat mengajukan banding secara tertulis terhadap paten terdaftar – banding tersebut disertai dengan alasan yang diajukan kepada menteri –

Aset Tak Berwujud.

Setelah masa iklan berakhir, Anda harus mengajukan ujian rinci dengan mengisi formulir yang berlokasi di Indonesia dan menyerahkan bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah).

Setelah Anda melalui berbagai cara mengelola paten, itu berarti seluruh proses telah selesai. Sertifikat paten kemudian dikeluarkan sebagai bukti bahwa penemuan Anda telah didaftarkan secara sah oleh Chief Intellectual Property Officer dan menerima perlindungan pemerintah. Senang!

Setelah mengajukan permohonan paten – bahkan sebelum sertifikat diterbitkan – pemohon dapat mempublikasikan penemuannya dan mengkomunikasikan kepada publik bahwa pemohon sedang dalam proses pendaftaran paten. Ini sering disebut sebagai paten tertunda.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Jika ada pihak yang mengikuti invensi dan mengembangkannya, pemohon tidak dapat mengajukan permohonan sebelum paten diberikan. Setelah sertifikat diterbitkan, pemohon menjadi pemilik paten dan dapat menuntut ganti rugi dari pihak yang menyalin invensi tersebut.

Mengenal Perbedaaan Antara Merek, Hak Paten Dan Hak Cipta

Contoh: Jika pihak lain meniru invensi dan memproduksinya sejak 1 Januari 2020, pemegang paten dapat menuntut pengadilan untuk pembayaran ganti rugi setelah mendapatkan paten, yaitu 1 Desember 2023 sejak 1 Januari 2020.

Rumah Paten hadir sebagai layanan pendaftaran paten berbiaya rendah. Dikelola langsung oleh konsultan kekayaan intelektual terdaftar yang memiliki pengalaman dalam mendaftarkan lebih dari 350 hak kekayaan intelektual.

Beberapa catatan tentang cara mendaftar paten. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait dan terkait dengan pendaftaran paten, Anda dapat mempostingnya di komentar di bawah dan konsultan hak kekayaan intelektual terdaftar akan menjawabnya untuk Anda. Hak Desain Industri.

Menurut Pasal 20-21 UU Merek, terdapat beberapa keadaan dimana suatu merek tidak dapat didaftarkan dan mendapat perlindungan hukum dari Dirjen HKI, yaitu:

Yulianti Haratulisanah: Pengalaman Daftar Merk Dagang Ke Kemenkumham Mandiri Tanpa Jasa Lawyer/konsultan

Pada tahun 2009, ada klub malam Buddha Bar, yang kemudian berubah nama dan sekarang ditutup.

Saat itu, kisah Buddha Bar banyak diberitakan di media nasional seperti Republika, BBC Indonesia, Tempo dan Detik.

Diantaranya kasus Nutri Sari yang menggugat merek Nusa Sari, dan kasus Hugo Boss yang menggugat Zego Boss.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Kemudian Jangka Waktu Pengelolaan Perpanjangan adalah enam bulan sebelum berakhirnya masa perlindungan: 1 Mei 2028 – 1 Mei 2029.

Contoh Hak Paten Teknologi Di Indonesia Dan Luar Negri

Oleh karena itu, untuk berbagai alasan yang disebutkan di atas, kami menyarankan Anda mendaftarkan merek dagang Anda ke Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual.

Jadi cara saya bisa mengecek apakah nama merek yang saya inginkan terdaftar atau tidak adalah dengan mengetikkan “sabun mandi” di kolom pencarian, pilih kategori, lalu klik ikon pencarian.

Kemudian daftar karakter produk yang terdaftar dengan HAKI akan muncul. Jika merek dagang yang ingin Anda daftarkan sudah “terdaftar” atau “tertunda”, maka Anda harus menggunakan merek dagang yang berbeda.

Intinya, siapa pun yang mendaftar terlebih dahulu akan mendapatkan perlindungan merek jika memenuhi semua persyaratan.

Pedoman Dasar Hak Kekayaan Intelektual — The Finery Report

Nah itulah cara untuk melihat sebuah brand atau produk yang terdaftar di HAKI. Sangat mudah untuk melihat produk yang terdaftar di HAKI, bukan?

Pertama, buka situs web CEO Sistem Klasifikasi Merek KI. Bagaimana cara mengetahui kelas barang/jasa sesuai dengan tipe yang ingin didaftarkan?

Kembali ke contoh UMKM saya ingin mendaftarkan merek dagang, perusahaan sabun, saya ketik “sabun” di kolom pencarian dan klik “pergi”.

Cara Hak Paten Merek Dagang

Jadi saya menggunakan kata “sabun” untuk mengetahui kelas mana yang cocok dengan tipe yang ingin saya daftarkan.

Cara Mendaftarkan Hak Merek Dan Hak Cipta Produk Original Kamu

Setelah mengklik “go” daftar semua kelas dengan kata sabun akan muncul, jadi saya bisa memilih mana yang paling cocok untuk produk saya.

Demikian juga, setelah Anda menemukan kelas yang cocok dengan produk/layanan yang ingin Anda daftarkan, buatlah catatan kelas tersebut seperti yang diisikan pada formulir pendaftaran.

Bonus: Cara termudah adalah mengikuti kursus produk/layanan terdaftar serupa.

Berikut tarif pendaftaran merek untuk banyak usaha kecil dan kecil diambil dari situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual https://www.dgip.go.id/tarif-brand:

Apa Itu Haki? Inilah Pengertian Dan Panduan Lengkap Tentang Haki

Bagi Pelamar UMKM, baik perorangan maupun perusahaan, wajib memiliki rekomendasi dan berada di bawah pembinaan Kementerian Koperasi dan UMKM atau Kementerian Perdagangan atau Kementerian Perindustrian, termasuk Dinas di

Cara cek hak paten merek dagang, cek hak paten merek dagang, harga hak paten merek dagang, hak paten merek dagang, cara mendaftarkan hak paten merek dagang, contoh hak paten merek dagang, website hak paten merek dagang, membuat hak paten merek dagang, cara membuat hak paten merek dagang, paten merek dagang hak cipta, biaya hak paten merek dagang, cara mengurus hak paten merek dagang

Leave a Reply

Your email address will not be published.