Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai – Liputan6.com, Jakarta Pengertian olahraga darat adalah bagian dari olahraga yang dimainkan di darat. Ada empat gerakan dalam latihan lantai: berguling, melompat, menyeimbangkan dan melompat. Senam lantai dikenal sebagai olahraga yang aman.

Artinya dilakukan dalam ruangan khusus yang meliputi kerja gerak, kekuatan, kecepatan dan koordinasi gerak tubuh. Demikian juga pemahaman senam lantai membutuhkan kombinasi ini agar dapat merasakan manfaat mental dan fisik.

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Sejarah menyebutkan bahwa penemu senam lantai adalah seorang perwira medis Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF Minkema. Dari catatan tersebut diketahui pula bahwa olahraga darat di Indonesia berkembang pesat dan berdampak demikian.

Pengertian Senam Irama Dan Contoh Macam Macam Gerak Dasarnya

Selain itu, Liputan6.com mengulas makna, sejarah, berbagai gerakan dan manfaat praktik pertanahan dari berbagai sumber, Senin (26/4/2021).

* Kebenaran atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan cek fakta WhatsApp Liputan6.com di 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata yang diinginkan saja.

Menurut Muhajir (2013), gagasan olahraga darat merupakan salah satu rangkuman olahraga. Menurut lantai, gerakan/bentuk dilakukan di atas lantai.

Secara lebih spesifik pengertian senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang unsur geraknya adalah berguling, lompat, lompat keseimbangan, dan lompat.

Gerakan Senam Lantai Dan Manfaatnya, Biar Tetap Sehat!

Kemudian Sayuti Sahara (2010) menegaskan bahwa olahraga atau senam adalah program latihan yang dirancang untuk meningkatkan performa fisik melalui latihan fisik.

Menurut Budi Sutrisno (2010), konsep senam lantai mengacu pada gerakan setiap anggota tubuh secara terpadu dan mewujudkan kombinasi komponen motorik atau kemampuan bergerak, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelenturan, kelincahan dan. ketepatan

Awal mula senam lantai tidak diketahui secara pasti. Namun, berdasarkan pengetahuan tentang senam lantai, telah ditentukan bahwa itu berasal dari Yunani kuno.

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Pada abad ke-20, senam menjadi populer dan tersebar di seluruh dunia. Perkembangan jenis olahraga ini sangat pesat, hingga memiliki banyak cabang, salah satunya adalah senam lantai.

Gerakan Senam Lantai Dan Gambarnya Beserta Cara Melakukannya

Sementara itu, awal mula senam di Indonesia pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda. Dimasukkannya senam bertepatan dengan pemberian pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.

Saat itu, senam pertama yang dilakukan adalah versi Jerman. Senam dari Jerman selalu mengedepankan banyak gerakan yang kaya akan alat pendidikan.

Pada tahun 1916, senam versi Jerman berubah menggunakan sistem Swedia. Sistem Swedia menekankan manfaat gerakan senam.

Penemu praktek tanah atau definisi praktek tanah adalah seorang perwira medis Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF Minkema. Melalui Minkema, cerita perkembangan olahraga darat di Indonesia telah menyebar ke berbagai daerah.

Kak Tolong Di Bantu 1 8 Terimakasih​

Tidak hanya itu, pada tahun 1918 Minkema juga membuka Akademi Senam Swedia. Dengan semakin populernya olahraga darat sebagai olahraga, kami menciptakan sebuah organisasi dengan tujuan melestarikan olahraga asli.

Organisasi ini berdiri pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Seluruh Indonesia). Baru pada tahun 1964, untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kompetisi senam lantai berstandar internasional dalam GANEFO I (New Development Games).

Pertama kali lantai olahraga jenis ini adalah gerakan guling ke depan. Rotasi ke depan menggunakan tubuh bagian belakang atas (leher, punggung, pinggang, dan panggul belakang).

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Latihan guling depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling depan berdiri dan jongkok ke depan. Berikut langkah-langkah untuk maju sambil berdiri dan jongkok.

Makalah Pendidikan Jasmani Tentang Senam Lantai

Mulailah dengan jongkok dengan kedua kaki berdekatan, lutut dekat dengan dada dan tangan diletakkan sekitar 40 cm di depan kaki.

Lanjutkan dengan menggulir. Saat pinggul Anda menyentuh matras, pegang pergelangan kaki Anda dengan kedua tangan dalam posisi jongkok.

Jenis latihan lantai yang kedua adalah guling belakang. Menggulingkan punggung (back roll) adalah gerakan badan ke belakang, posisi badan harus tetap bulat yaitu kaki ditekuk, lutut masih menempel di dada, dan kepala dibiarkan sampai diterima bahwa itu akan terjadi diikat ke dada.

Saat punggungnya mencapai matras, tangannya langsung menekan ke sisi telinganya dan tangannya menunjuk siap untuk tunduk.

Roll Kiep: Pengertian, Teknik, Dan Manfaat

Kaki segera ditarik ke atas kepala, dengan bantuan kedua tangan, menahan kuat, dan kaki ditekuk sampai jari-jari kaki menyentuh matras dan jongkok.

Jenis latihan lantai yang ketiga adalah gerakan soft roll. Gulungan melenting adalah gerakan tubuh ke atas dan ke depan yang disebabkan oleh melenturkan kedua kaki dan mendorong kedua lengan.

Latihan rentang gerak dibagi menjadi dua berdasarkan dasarnya yaitu leher dan kepala. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan gulungan lembut di bagian belakang leher dan kepala;

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Condongkan tubuh ke belakang, kaki lurus, kaki dekat dengan kepala, lengan ditekuk, tangan diletakkan di samping kepala, jari-jari dekat dengan telinga.

Sportpedia: Cara Melakukan Lompat Kangkang Dalam Senam Lantai

Bergerak maju, diikuti dengan mengangkat kaki ke depan, tangan membangun tubuh melayang dan ditekuk, kepala pasif.

Tekuk kaki dan buat segitiga, punggung lurus, kaki rapat dan lurus, jari-jari kaki bertumpu di lantai.

Untuk meningkatkan latihan kelenturan leher dan kepala, dukungan dapat diberikan dengan cara yang benar, baik dari segi dukungan maupun dukungan.

Latihan lantai empat adalah gerakan kayang. Kayang adalah posisi kaki berdiri pada empat titik dalam posisi yang berubah-ubah dengan menggerakkan dan menggerakkan perut dan panggul.

Pjok Pts Interactive Worksheet

Keistimewaan gerakan kayak adalah menempatkan kaki lebih tinggi memberi tekanan pada bahu dan lebih sedikit pada pinggul. Manfaat gerakan kayak adalah meningkatkan kelenturan bahu, bukan kelenturan pinggang.

Rangkaian senam lantai lima adalah gerana berdiri dengan menggunakan tangan atau pergelangan tangan. Genggaman (hand grip) adalah posisi lurus, bertumpu pada kedua tangan dengan siku lurus.

Satu hal yang perlu diingat ketika melakukan handstand adalah Anda harus melakukannya di atas dasar atau fondasi yang kokoh, seperti lantai. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk fokus pada keseimbangan. Berikut cara melakukannya:

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Condongkan tubuh ke depan, letakkan tangan Anda di atas matras selebar bahu, lengan lurus, lihat ke depan sedikit, bokong terangkat sebanyak mungkin, kaki depan ditekuk dan kaki belakang lurus.

Pengertian Senam Dan Jenis Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Kedua kaki rapat dan lurus dengan badan dan lengan, melihat di antara tumpuan tangan, badan menghadap ke atas.

Gerakan senam lantai enam adalah gerakan berdiri dengan menggunakan headstand atau headstand. Headstand berdiri tegak di atas kepala Anda dengan kedua tangan ditopang dengan siku ditekuk dan telapak tangan ditopang.

Sebagai pegangan, kepala juga harus diletakkan pada alas atau penyangga yang stabil, seperti lantai, untuk memfasilitasi istirahat yang seimbang. Berikut cara melakukannya:

Angkat kaki Anda. Untuk mencegah tubuh berguling ke depan, panggul maju dan bergerak mundur.

Pengertian Dan Manfaat Gerakan Senam Lantai (floor Exercise)

Langkah senam lantai tujuh adalah lompat jongkok. Teknik squat jump pada dasarnya sama dengan straddle jump. Karena level latihannya sama yaitu awalan, tolakan, menerobos kotak, melompat dan mendarat. Latihan dilakukan sebagai berikut:

Kedua kaki membentuk papan push-up, diikuti dengan gerakan lengan ke atas, tubuh mengapung dengan tangan di bagian bawah baki, lengan lurus, tangan ke depan.

Segera kedua lengan menahan dengan sekuat tenaga, lutut ditekuk ke dada, kencangkan kaki sampai berada di ujung laci.

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Gerakan senam lantai delapan adalah jungkir balik. Rotasi memutar badan dari posisi samping dengan dukungan gerakan kedua kaki dan tangan.

Senam Ketangkasan Menggunakan Alat Dan Tanpa Alat

Latihan sepeda bisa dilakukan secara bertahap, dari satu gerakan sepeda, jika sedang senang bisa meningkat menjadi beberapa gerakan:

Pada awalnya, berdiri tegak dan menyamping, kaki sedikit terpisah, lengan lurus dan ditekuk di samping (seperti huruf V) dan lihat ke depan.

Kemudian turunkan tubuh ke sisi kiri, letakkan telapak tangan di sisi kiri, lalu angkat kaki kanan ke atas. diikuti dengan menggerakkan telapak tangan ke kiri.

Saat Anda memutar kaki kanan, tekan kaki kiri ke tanah sehingga kedua kaki terbuka dan ditekuk ke samping.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Senamlantai!pliss Jawab ​

Kemudian gerakkan kaki kanan ke kanan, angkat tangan kiri, ikuti kaki kiri di sebelah kaki kanan.

Tujuan melakukan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan bentuk-bentuk gerakan adalah untuk belajar mengembangkan kemampuan melakukan gerakan senam dengan peralatan. Latihan di darat juga memiliki manfaat fisik dan mental.

Secara fisik, manfaat latihan lantai adalah pengembangan komponen kebugaran jasmani dan keterampilan gerak melalui berbagai teknik gerakan untuk melatih daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan.

Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Secara mental, keuntungan dari latihan lantai adalah dapat mengajarkan pesenam untuk menggunakan kemampuan berpikir cepat dan analitis mereka dengan memecahkan masalah gerakan. Beberapa jenis senam memerlukan kemampuan mental yang kuat dengan pemahaman yang baik, misalnya sandal jepit, jungkir balik dan lompat balik, lompat dan lompat di atas kotak sesuai dengan namanya. Senam lantai adalah salah satu jenis senam yang paling populer di dunia.

Pengertian Senam Lantai Adalah: Berikut Sejarah Dan Macam Gerakannya

Sesuai dengan namanya, senam lantai dilakukan di atas lantai dengan menggunakan tumpuan. Alas yang biasanya digunakan berupa matras.

Kehadiran keset sebagai alat pertama yang berfungsi mengurangi risiko kecelakaan. Hal ini dikarenakan saat melakukan olahraga, gerakannya sering menyentuh tanah.

Dalam praktiknya, senam lantai menggunakan berbagai gerakan, seperti berguling, melompat, melompat, berputar di udara, berpegangan dengan tangan atau kaki untuk menjaga keseimbangan, atau melompat ke depan atau ke belakang.

Latihan lantai dapat dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan. Umumnya, senam lantai dalam pertandingan resmi dilakukan di lantai berukuran 12×12.

Pengertian Senam Lantai Dan Manfaatnya, Materi Penjasorkes Kelas 3 Sd

Dunia senam lantai sudah tidak jelas lagi. Sebaiknya

Apa yang dimaksud dengan senam irama, yang dimaksud senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam ritmik, jelaskan yang dimaksud dengan senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam ketangkasan, apa yang dimaksud senam ketangkasan, apa yang dimaksud dengan senam kegel, apa yang dimaksud senam ritmik, jelaskan yang dimaksud dengan senam, apa yang dimaksud senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam aerobik

Leave a Reply

Your email address will not be published.