Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif

Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif – Kalimat yang jelas dan ditulis dengan baik lebih mudah dipahami orang lain. Kalimat-kalimat seperti itu disebut kalimat efektif yang dapat secara akurat mewakili pikiran dan kebutuhan penulis.

Dengan kata lain, kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan sebagaimana dimaksud oleh penulis atau pembicara.

Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif

Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif

Salah satu ciri kalimat efektif adalah penggunaan kecocokan yang logis dan sistematis antar struktur bahasa.

Contoh Kalimat Efektif Dan Kalimat Tidak Efektif Terlengkap

Kata atau prinsip kalimat efektif memiliki 8 (delapan) jenis, yaitu logika, konsistensi, ekonomi, akurasi, presisi, koherensi, paralelisme, dan relevansi.

Pembahasan kita meliputi pengertian kalimat efektif, ciri-cirinya, kriteria kalimat efektif, dan contoh kalimat efektif dan tidak efektif.

Arifin (2000: 89) mengemukakan bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menciptakan pemikiran yang sama di benak pendengar atau pembaca seperti halnya di benak pembaca atau penulis.

Menurut Acarga, dkk (1988:116) kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Kalimat yang efektif harus memiliki kemampuan menyegarkan pikiran di benak pendengar atau pembaca.

Kalimat Efektif: Pengertian, Prinsip, Karakteristik Dan Contoh Lengkapnya

Menurut Wijono (2012:205), kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, lengkap dan mampu menyampaikan informasi secara akurat.

Logikanya, ide kalimatnya mudah dipahami dan penulisannya berdasarkan ejaan yang terlihat. Hubungan antar unsur dalam kalimat harus memiliki hubungan logis/rasional.

Maknanya adalah fasih menggunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu, tetapi tidak melanggar kaidah tata bahasa.

Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif

Ketepatan dalam kalimat yang efektif Informasi yang disampaikan dalam kalimat harus akurat (sesuai dengan target) sehingga diperlukan akurasi.

Pengertian Kalimat Efektif, Syarat, Dan Contohnya

Paralelisme adalah penggunaan bentuk yang sama dalam kata-kata paralel. Agar kalimat tersebut tampak bersih dan memiliki makna yang sama, maka perlu adanya kesepahaman dalam kalimat tersebut.

Kalimat efektif harus memenuhi satuan gramatikal subjek (S), predikat (P), objek (O), dan predikat (K).

Itulah artikel hari ini tentang kalimat efektif [lengkap]: definisi, karakteristik, situasi, contoh. Kami berharap ini berguna untuk Anda. Kami meminta Anda untuk berbagi dan berkomentar untuk membantu blog ini berkembang. terima kasih.

Diskusi ini merupakan kelanjutan dari tugas sebelumnya di Buku Tema Siswa di mana Anda membuat peta pikiran mengapa persatuan dan solidaritas penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan.

Bahasa Indonesia Kelas 12

Jawaban: Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan secara utuh tanpa membuang kata-kata. Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

SEBUAH. Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan kelas 6 SD Nusantara adalah 4:5. Jika jumlah siswa laki-laki 13 orang, berapa banyak siswa perempuan?

B. Untuk menyiapkan kue, perbandingan gula dan tepung adalah 2: 3 gelas. 5 Berapa cangkir tepung yang Anda butuhkan jika Anda ingin membuat loyang kue?

Apa Yang Dimaksud Kalimat Efektif

C. Umur ayah, ibu dan anak adalah 9:8:2. Jika anak berumur 10 tahun, berapa jumlah ketiga umur tersebut?

Contoh Kalimat Efektif Lengkap Beserta Penjelasannya

D. 1,5 liter bensin bisa menempuh jarak 30 kilometer. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan 6 liter bensin?

E. Minuman tersebut dibuat dengan mencampurkan air, sirup dan santan dengan perbandingan 2:3:4. Jika seorang ibu ingin minum 4 liter, berapa liter santan yang dibutuhkan?

Demikian pembahasan lengkap Kunci Jawaban Tema 2 Pratama 6 Page 140. Kami juga bekerja sama dalam mempelajari soal lain 6 subtema 3 pada buku tematik siswa. Semoga membantu! Lihat pertanyaan lain di kolom pencarian:

Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif, apa yang dimaksud kalimat, contoh kalimat yang tidak efektif, apa yang dimaksud dengan kalimat efektif, apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk, yang dimaksud kalimat efektif adalah, jelaskan yang dimaksud kalimat efektif, apa yang dimaksud dengan kalimat utama, apa itu kalimat efektif, yang dimaksud dengan kalimat efektif, kalimat yang tidak efektif, apa yang dimaksud kalimat imperatif

Leave a Reply

Your email address will not be published.